Cara Memasang 4 Buah Speaker Agar Bertemu 4 ohm – 8 ohm | Merakit Sound System | Audio Rakitan



Cara Memasang 4 Buah Speaker Agar Bertemu 4 ohm – 8 ohm

IMG_20180909_012624
Assalamualaikum Wr. Wb. selamat datang di blog saya, ini adalah post pertama saya dan kali ini saya akan membagikan cara supaya pemasangan speaker bisa menjadi 4 ohm atau 8 ohm.
Bagi anda pengguna power amplifier tentu pernah mengalami transistor final cepat panas karena memasang 4 speaker sekaligus pada satu channel, atau ada juga yang pernah menggunakan speaker merk Legacy dan power anda langsung terbakar padahal speaker masih baru ?
Baiklah, kali ini saya akan menjelaskan anda semua bagaimana pemasangan speaker secara ideal. Pada umumnya power amplifier rakitan beban impedansi maksimalnya hanya 4 ohm ada juga yang bisa sampai 2 ohm tetapi itu membutuhkan transistor final yang sangat banyak dan power supply yang mumpuni. Tetapi bagaimana jika power ampli anda hanya 10A atau hanya sekitar 600 watt dan anda mempunyai 8 speaker dan ingin menggunakan 4 speaker per channelnya?
Seperti pada gambar pemasangan speaker dibawah ini
Power ampli berdaya kecil idelanya impedansi maksimalnya 8 ohm (bisa juga dipasang 4 ohm, tetapi biasanya bass tidak keluar dan ampli cepat panas)


IMG_20180909_012624
Pemasangan Speaker seri parallel
Dari gambar diatas, kita gunakan metode pemasangan seri parallel. jika kita ukur maka impedasinya akan menjadi 8 ohm, usahakan watt dan impedansi masing-masing speaker sama supaya ketika terkena bass daun speaker tidak terlalu bergetar dan tidak terjadi over.


IMG_20180909_012637
Pemasangan seri
Pada gambar selanjutnya, jika anda ingin memparalel semua speaker dan ingin power amplifier anda tetap aman, kita bisa gunakan resistor pada setiap kaki positif disetiap speakernya usahakan impedansi setiap speaker sama. Jika kita ukur, maka impedansinya akan menjadi 4.5 ohm dan ini masih aman untuk power amplifier. Gunakan resistor 10 ohm minimal 5 watt atau resistor 10 ohm dengan watt yang lebih besar supaya resistor tidak mudah terbakar. Peringatan! Cara ini tidak dianjurkan untuk speaker dengan diameter diatas 15″, karena resistor standar akan mudah terbakar. Tetapi anda bisa membuat resistor sendiri dan mengecornya dengan semen supaya resistor tidak panas dan tidak mudah terbakar dan jangan lupa gunakan kawat nikelin yang lebih besar.
Sering Ditanyakan
Saya ingin menambah tweeter diatasnya, apakah ini berpengaruh pada impedansi speaker?

.Jawabannya tidak, selama tweeter tersebut diberi kapasitor dibawah 10uf. Karena Impedansi tidak akan terhitung setelah ditahan dengan kapasitor sekecil itu.
Sekian pembahasan dari saya, mohon maaf jika ada bahasa yang kurang dimengerti dan gambar pemasangan yang kurang jelas. Saya mohon maaf yang sebesar – besarnya. jika ada pertanyaan bisa tulis dikolom komentar jika ingin request artikel bisa inbox melalui Facebook Saya Terima kasih .
Assalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Power Amplifier Bunyi Jedug Saat Dinyalakan | Merakit Sound System | Audio Rakitan

Cara Mengatasi Sinyal HP Yang Masuk Pada Amplifier atau Audio | Merakit Sound System | Audio Rakitan

Cara Mengatasi Suara Vokal Serak Atau Pecah | Merakit Sound System | Audio Rakitan