Aplikasi RTA untuk Windows | Merakit Sound System | Sound System Rakitan

 Aplikasi Penampil RTA untuk Windows


Halo pemirsa, para dulur-dulur soundman dan juga para penghobi audio dimanapun anda berada. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan rezeki yang berlimpah ditengah pandemi ini. Setelah sekian lama saya tidak posting, alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya bisa posting kembali. Karena tahun lalu, setelah saya PKL saya sibuk untuk persiapan UNBK dan UKK (yang akhirnya dibatalkan), dan tahun ini disibukkan dengan mencari pekerjaan yang tak kunjung dapat. Yang akhirnya pengangguran ini membuat saya jenuh. Akhirnya terlintas di benak saya untuk kembali menulis di blog ini lagi. Baiklah pemirsa, sudah cukup basa-basinya yang bercampur dengan sedikit curhat 😁

Sebelum memulai topik pembicaraan, akan saya jelaskan terlebih dahulu apa itu RTA atau Real Time Analyzer.

Pengertian Real Time Analyzer

Real Time Analyzer adalah perangkat audio yang menampilkan spectrum frekuensi dari sinyal audio, Spectrum Analyzer bekerja secara real time. [sumber : en.wikipedia.org]

 Untuk pengaplikasian RTA bisa menggunakan VU Display yang berupa lampu LED. Bagi yang menggunakan perangkat digital mungkin akan langsung mendapatkan aplikasi RTA, tetapi bagaimana dengan yang menggunakan perangkat analog terutama bagi perangkat rekitan sendiri?

Berikut adalah aplikasinya


1. Spectralissime

 


Spectralissime merupakan aplikasi yang dibuat oleh VB Audio yang merupakan aplikasi donation-ware yang artinya kita bebas mau membayar berapa saja. Tetapi jika tidak membayar juga tidak apa-apa. Untuk inputnya bisa kita sesuaikan sendiri, bisa juga menggunakan audio interface. Secara default, inputnya menggunakan microphone laptop.


Spesifikasi minimum

OS : Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, 10 32/64-bit

Prosesor : Minimal Intel Celeron / Core Duo 1.8 Ghz

RAM : 512MB

Disk : 100MB


Link Download : https://download.vb-audio.com/Download_CABLE/SpectralissimeSetup.exe


2. TrueRTA

 


True RTA merupakan aplikasi free-ware yang artinya apikasi ini tersedia secara gratis, hanya saja tampilannya mungkin kurang user friendly yang mungkin akan sedikit membingungkan pengguna awam. Untuk inputnya secara default akan menggunakan microphone laptop, tetapi kita juga bisa merubah inputnya sesuai keinginan.


Spesifikasi Minimum

OS : Windows 7, 8, 8.1, 10 32/64-bit


Link Download : https://trueaudio.com/TrueRTA_setup.exe

Sekian postingan saya kali ini, jika ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan silahkan kunjungi akun Facebook ata Whatsapp saya. Jangan lupa share ya… 😁. Terima kasih sudah berkunnjung di blog ini. Sampai jumpa dilain waktu 😁


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Power Amplifier Bunyi Jedug Saat Dinyalakan | Merakit Sound System | Audio Rakitan

Cara Mengatasi Sinyal HP Yang Masuk Pada Amplifier atau Audio | Merakit Sound System | Audio Rakitan

Cara Mengatasi Suara Vokal Serak Atau Pecah | Merakit Sound System | Audio Rakitan