Cara Mengatasi Power Amplifier Bunyi Jedug Saat Dinyalakan | Merakit Sound System | Audio Rakitan


Cara Ampuh Mengatasi Power Amplifier Bunyi Jedug Saat Dinyalakan

Sparkling Power On

                Halo gaes, berjumpa lagi dengan saya. Setelah sekian lama saya tidak post lagi karena ada kesibukan sekolah, alhamdulillah dibulan yang penuh berkah ini saya diberi kesempatan untuk menulis artikel diblog ini lagi . baiklah, langsung to the point saja ya gaes.


PropellerAds
                Bunyi “Jeduk” saat ampli dinyalakan bisa jadi karena trafo mengisi tegangan kepada elco power supply secara langsung. Karena elco tersebut dalam keadaan kosong atau tidak ada tegangan, maka elco akan langsung mengambil semua tegangan yang bersumber dari trafo. Selain itu, penyebab dari suara “jedug” tersebut juga mungkin karena anda memasang driver satu tempat atau satu power supply dengan tone control. Hal ini juga dapat merusak speaker dalam jangka panjang karena pada saat bunyi tersebut terjadi biasanya ada tegangan DC yang ikut lolos dari driver tersebut.

Berikut adalah cara mengatasi Bunyi Jedug saat ampli dinyalakan

1.      Gunakan Elco Berkapasitas Besar Pada Power Supply
Elco yang besar cukup membantu untuk mengurangi suara Jedug yang ditimbulkan, karena tegangan pada elco tidak akan langsung terisi penuh ketika trafo mendapatkan tegangan. Usahakan kapasitas Elco lebih besar dari kapasitas standar elco per ampere.

Standar kapasitas elco per amper :
2200uf/1A (2200 mikro farad per satu ampere)

2.      Gunakan Speaker Protector
Cara ini dipercaya dapat mengatasi bunyi jedug karena akan melakukan delay pada output driver ke speaker dalam beberapa detik. Tetapi bagi beberapa protector cara ini mungkin tidak akan bekerja dengan maksimal. Dan menurut saya cara ini tidak cukup efektif karena akan memenuhi box ampli jika driver tersebut tidak dilengkapi langsung dengan protektor.

3.      Pisahkan Power Supply Antara Tone Control Dan Driver
Jangan gabungkan power supply untuk tone control dan driver atau tambahkan saklar sendiri untuk tone control dan driver, lalu nyalakan tone control terlebih dahulu selanjutnya driver.

4.      Tambahkan potensio pada input driver
Jika anda tidak ingin memisahkan power supply antara tone control dan driver. Pasanglah potensio pada input driver, karena biasanya bunyi “jeduk” selain berasal dari power supply juga berasal dari input driver.

5.      Gunakan rangkaian berikut
Rangkaian ini telah saya coba dan sangat efektif untuk menghilangkan bunyi “jeduk” saat ampli dinyalakan
Skema Anti Jedug by : Usman HD-Sidiq


Skema ini saya nilai cukup efektif karena NTC bisa sebagai pembatas arus puncak dan juga sebagai sofstart, namun anda perlu menunggu sekitar 3 detik untuk menyalakan ampli hingga benar-benar bisa digunakan. Karena NTC secara perlahan akan mengosongkan hambatannya dan mengisi kapasitor 105J 400V sehingga ampli anda tidak akan berbunyi jedug. Skema ini sangat worth it.

Note : untuk satu buah NTC dengan tipe tersebut maksimal untuk trafo 10A, jika trafo anda lebih dari 10A anda bisa memparalel NTC tersebut sesuai kebutuhan.

                Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jangan lupa klik tombol share ya gaes. Jika ada pertanyaan anda bisa kunjungi Akun Facebook saya. Atas kunjungannya saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Sampai jumpa di lain waktu ya gaes... bye... :D

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA BAGI YANG MENJALANKAN

Komentar

  1. Terima kasih atas info rangkainnya ... Dan ucapkan selamat menjalankan ibadah bagi puasa berpuasa bagi yg berpuasa.

    BalasHapus
  2. Mau nanya nihh komponen speaker yang berbunyi saat nyala itu apa ya,yang ada di papan pcb?

    BalasHapus
  3. terimakasih ilmunya semoga pahalanya mengalir sampai nanti

    BalasHapus
  4. Gan kalo ntcnya pake yang 22D gimana ya?

    BalasHapus
  5. mantap infonya gan tengkiyu ane jadi tambah ilmu nih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Sinyal HP Yang Masuk Pada Amplifier atau Audio | Merakit Sound System | Audio Rakitan

Cara Mengatasi Suara Vokal Serak Atau Pecah | Merakit Sound System | Audio Rakitan