Cara Mengatasi Suara Vokal Serak Atau Pecah | Merakit Sound System | Audio Rakitan


Cara Mengatasi Suara Vokal Serak Atau Pecah


Halo gaes... berjumpa lagi dengan Saya, seorang blogger pemula yang kebetulan punya hobi dibidang sound system. Oke gaes.. apakah semua pernah mengalami suara vokal pecah / serak pada saat acara live seperti pada saat tahlilan ? atau saat memutar lagu dangdut dari laptop, DVD, atau HP ?. Jangan tanya saya, saya gak bisa gaes...

Hehehe... bercanda gaes, kali ini saya bakal kasih tau semua gimana caranya mengatasi suara vokal pecah \ serak. Oke gaes.. let’s go to the step..

Jika input berasal dari Laptop, HP atau DVD

A. Jika input berasal dari perangkat Laptop, HP, DVD
1. Jika anda gunakan speaker fullrange atau speaker dengan karakter mid – high
a. Kurangi level high dan low dan tambah level midh sedikit demi sedikit pada channel mixer yang digunakan untuk fokal
b. Kurangi level frekuensi 1khz, 6khz pada equalizer yang di set sebagai pengatur vokal, dan tambahkan sedikit frekuensi 600hz dan 3khz
c. Pada prosesor gunakan settingan sebagai berikut
- bottom : arah jam 9
- phase : arah jam 5
- body : arah jam 5
- edge : arah jam 12
d. Kurangi level high dan middle booster pada parametrik
e. gunakan gigabass pada output parametrik supaya nada high tidak terlalu menonjol
f. selanjutnya tinggal sesuaikan volume power amplifier saja ya gaes.. 

2. Jika anda menggunkan speaker tipe woofer atau speaker dengan karakter mid - low(biasanya tidak digunakan untuk lapangan)
a. Tambahkan level low dan mid pada mixer, selanjutnya sesuaikan level high
b. Gunakan settingan flat pada equalizer dengan frekuensi 600hz – 6khz agak keatas sedikit
c. Pada prosesor gunakan settingan sebagai berikut
- bottom : arah jam 3
- phase : arah jam 5
- body : arah jam 5
- edge : arah jam 9
d. Pada parametrik, kurangi level low dan jangan gunakan gigabass supaya suara tidak terlalu low
e. Jangan lupa volume powernya diputer dulu ya gaes...

*pastikan anda sudah setting pengaturan suara pada aplikasi pemutar musik yang anda gunakan pada HP atau Laptop anda karena ini juga sangat berpengaruh
Sumber suara dari mikrophon

B. Jika input berasal dari mikrophon
1. Jika menggunakan settingan diatas masih tetap, coba untuk memasang resistor 3.3K ohm pada input mixer
2. jika masih tetap, ganti spul pada mikrophon

nb. jika dari input dari kedua sumber masih ternyata sama, pastikan power ampli dan speaker anda masih dalam keadaan sehat walafiat

Oke gaes.. sekian dulu pembahasan dari saya. Capek gaes ngetik terus, saya mau ngopi dulu nih gaes.. sambil dengerin lagunya Tasya Rosmala :D. Oh iya, kenapa kok aksesorisnya cuma itu saja? Soalnya saya punyanya cuma itu gaes.. jadi maaf ya kalau yang aksesoris saya kurang lengkap. Itu settingan dari saya gaes.. setiap aksesoris bisa beda tergantung merk sama yang ngerakit juga gaes.. Terimakasih karena sudah mengunjungi blog saya, kalau ada pertanyaan bisa tulis dikolom komentar atau bisa juga via Facebook ya gaes... See You.. :*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Power Amplifier Bunyi Jedug Saat Dinyalakan | Merakit Sound System | Audio Rakitan

Cara Mengatasi Sinyal HP Yang Masuk Pada Amplifier atau Audio | Merakit Sound System | Audio Rakitan