Cara Menghilangkan Bunyi Dari Sinyal Radio | Merakit Sound System | Audio Rakitan

Cara Menghilangkan bunyi dari sinyal radiasi handphone

Asslamualaikum Wr. Wb. Apa kabar anda semua ?
Saya harap anda dalam kondisi sehat wal afiat. Oke, kali ini saya akan membagikan hasil eksperimen saya tentang bagaimana cara agar sinyal dari handphone tidak masuk kedalam power amplifier rakitan ?

Anda mungkin merasa terganggu kan? jika pas lagi mendengarkan lagu kesayangan anda tiba-tiba muncul suara "tret.. tret.." apalagi ketika anda memutar lagu tersebut dari HP atau Tablet anda dan akan ada telepon atau sms atau bisa juga paket data anda sedang online. berikut akan saya bagikan beberapa cara untuk meminimalisir suara tersebut, tetapi cara ini tidak 100% ampuh. masih ada suara sinyal masuk meskipun tidak terlalu parah dari sebelumnya.

1. pasang kapasitor 100 nano (104J) pada output power supply power amplifier dan disetiap aksesoris
    Anda harus mencoba cara ini terlebih dahulu, karena hasilya bisa berbeda tergantung kualitas grounding dan kualitas induksi elektromagnetik dari trafo.

2. pasang grounding pada body box power ampli
    cara ini cukup efektif karena juga dapat menghilangkan noise pada saat power amplifier dalam kondisi stand by.

3. pasang kapasitor pada bagian input trafo
    Loh kok input trafo? berarti langsung dari sumber listrik?
    Jawabanya iya, cara ini saya buktikan cukup akurat karena suara pada saat sinyal HP masuk tidak terlalu mengganggu karena Suara dari sinyal radiasi tersebut menjadi pelan. Kapasitor yang digunakan adalah kapasitor 104J minimal 275v (400V lebih baik).

4. Lakukan grounding box untuk setiap aksesoris

5. jika anda berada diluar ruangan (dilapangan, bukan didalam truck seperti pada saat karnaval) sebaiknya anda juga menggunakan grounding tanah, hal ini juga untuk menghindari insiden "penari yang kesetrum mikrofon" pada beberapa waktu yang lalu. Karena arde bumi dapat menghilangkan listrik yang bocor melalui jalur 0 / ct.


Sekian penjelasan dari saya, bila tidak ada gambarnya dan bahasa kurang jelas akan saya edit lagi lain waktu. Dan juga mohon maaf jika saya jarang post karena banyak tugas dari sekolah yang harus saya selesaikan. tetapi insyaallah saya akan berusaha posting setiap malam minggu dan setiap malam liburan. Jika ada pertanyaan bisa add dan inbox Facebook saya. Terimakasih.
 Assalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Power Amplifier Bunyi Jedug Saat Dinyalakan | Merakit Sound System | Audio Rakitan

Cara Mengatasi Sinyal HP Yang Masuk Pada Amplifier atau Audio | Merakit Sound System | Audio Rakitan

Cara Mengatasi Suara Vokal Serak Atau Pecah | Merakit Sound System | Audio Rakitan