Speaker Line Array Selalu Ditaruh Diatas | Merakit Sound System | Audio Rakitan


Kenapa Speaker Mid High selalu ditaruh diatas?


Assalamualaikum Wr. Wb. 

Halo Gaes... Berjumpa lagi dengan Saya, kali ni saya akan memmbahas mengenai “kenapa Speaker mid-high atau line array selalu ditaruh pada paling atas bahkan digantung?”.
MHN Audio Malang
Dokumentasi Karnaval Desa Jambuwer. kec. Kromengan Dalam Rangka perayaan HUT RI ke-73 Tanggal 25 Agustus 2018 [Kelompok Srikandi | MHN Audio]


Baiklah, mari simak sedikit penjelasan dari saya. Dari eksperimen yang pernah saya lakukan, ketika speaker mid-high ditaruh di tatanan paling bawah. Suara yang dihasilkan sangat kurang enak didengar, apalagi jika anda memutar musik DJ, ataupun Dangdut. mungkin bisa sangat berisik karena frekuensi sangat tinggi dan suara mid tidak terlalu jelas. Saya coba dengarkan dari kejauhan suaranya kurang los (bahasa orang jawa kalau ada suara yang terdengar bisa sampai jauh). Suara kurang los karena mungkin suara menabrak tembok atau objek apapun didepannya. Sebagai contoh, tahukah kenapa TOA pada masjid selalu ditempatkan ditempat yang tinggi? Kenepa tidak ditaruh dibawah saja? Karena jika ditaruh ditempat yang tinggi maka suara akan bisa terdengar dengan keras dan jelas karena tidak ada objek yang menghalangi suara tersebut. Prinsipnya sama seperti sound gantung atau line array.

Lalu kenapa speaker low-sub ditaruh ditatanan paling bawah?

Seperti orang jawa bilang “ora glerr ora banter” atau mungkin banyak juga yang menganggap jika suara low-sub tidak membuat kaca bergetar maka sound tersebut dianggap urang keras padahal suara yang dihasilakan dari sound paling atas sudah cukup membuat telinga terasa panas. Pada dasarnya speaker low-sub ditaruh pada tatanan paling bawah adalah karena suara low-sub suaranya tidak bisa jauh dibandingkan dengan speaker mid-high karena menggunakan frekuensi yang rendah Dan juga untuk menyesuaikan berat beban ketika diangkut dengan truck seperti pada saat karnaval.

Lagipula hal ini juga mempengaruhi nilai estetika karena jika speaker low-sub mayoritas berukuran besar diantara 15” sampai 21” jika dibandingkan dengan speaker line aray yang hanya 8” sampai 12” saja. Bayangkan saja anda sedang melihat gambar piramida terbalik atau menata barang dari yang kecil berada dibawah sampai yang besar berada diatas, apakah anda merasa nyaman ketika melihatnya ? Tentu tidak bukan ? Inilah kenapa speaker mid-high ditaruh pada tatanan paling atas karena selain untuk memudahkan untuk pengaturan frekuensi juga supaya nyaman ketika dipandang.

Itulah sedikit pembahasan dari saya, jika ada kata yang tidak dimengerti atau kurang jelas saya sebagai penulis mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika ada saran atau hanya ingin sekedar bertanya-tanya bisa hubungi saya lewat Facebook. Terimakasih atas kunjungannya.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Power Amplifier Bunyi Jedug Saat Dinyalakan | Merakit Sound System | Audio Rakitan

Cara Mengatasi Sinyal HP Yang Masuk Pada Amplifier atau Audio | Merakit Sound System | Audio Rakitan

Cara Mengatasi Suara Vokal Serak Atau Pecah | Merakit Sound System | Audio Rakitan