Cara Mengatasi Sinyal HP Yang Masuk Pada Amplifier atau Audio | Merakit Sound System | Audio Rakitan


C­ara Mengatasi Sinyal Hp Yang Masuk Pada Aksesoris Audio

            Halo gaes, berjumpa lagi dengan saya. Alhamdulillah dipagi yang cerah ini kita masih diperkenankan untuk berjumpa di blog ini lagi. Mumpung saya masih nyambung sama wifi kampus ditempat saya PKL, saya posting lagi saja. Hehe..... Oke gaes, langsung to the point saja.
            Ketika kita memutar musik lewat HP mungkin kita pernah mendengar suara “tret... tret... tret..” ketika HP kita akan menerima telepon atau SMS. Hal ini mungkin cukup mengganggu, hal ini bisa diatasi dengan flight mode atau mode pesawat. Tetapi bagaimana ketika kita sedang mengaktifkan flight mode tiba-tiba ada pesan penting yang masuk, pesan bisnis misalnya. Atau bagaimana jika anda adalah seorang pebisnis online shop? Pasti merepotkan bukan?

PropellerAds
          
  Nah kali ini saya akan memberikan cara bagaimana cara supaya sinyal HP tidak ikut masuk ke sistem audio anda.
            Mari simak baik-baik skema dan penjelasan saya berikut
Skema Noise Filter Power Supply
Note : untuk resistor 10 ohm bisa diganti dengan fuse, dan untuk kapasitor 104N bisa menggunakan ukuran yang lebih kecil
Sinyal yang berasal dari HP merupakan gelombang elektromagnetik yang dapat mengganggu kerja pada rangkaian elektronika terutama pada komponen yang menggunakan induktor seperti transformer atau biasa disebut trafo pada power supply. Gelombang elektromagnetik yang berasal dari HP akan disaring terlebih dahulu oleh induktor yang berwarna biru muda. Jika hanya untuk aksesorisnya saja anda bisa menggunakan induktor bekas mesin TV karena kualitas gulungannya lebih bagus dan rapat. Tetapi jika anda menggunakan power amplifier berdaya besar anda dapat menggulungnya sendiri menggunakan kawat email sesuai dengan ukuran kawat pada input trafo.
Ferrite bead yang saya temui pada mesin TV, pada sebagian mesin TV mungkin berbentuk ferite dan lilitan saja (tanpa tutup) tetapi memiliki fungsi yang sama

Berikut adalah contoh rangkaian yang sudah jadi, saya menggunakan toroid bekas lampu LHE dan untuk kawatnya saya menggunakan isi dari kabel UTP (kabel yang biasanya digunakan untuk jaringan).
Contoh noise filter yang saya pasang pada salah satu aksesoris rakitan saya

Jika anda ingin mendapatkan hasil maksimal sebaiknya anda gunakan SMPS dan periksa semua sambungan grounding juga box aksesoris anda. Karena dalam hal ini grounding juga berperan penting.

            Oke gaes, silahkan dicoba dirumah. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi Akun Facebook Saya. Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Bye gaes... See you...
SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA BAGI YANG MENJALANKAN

Komentar

  1. Sepertinya rangkaian atau komponen pada power amplifiernya. Tempat saya 4 power beda rangkaian 1 mixer, 1 rangkaian dengan power switching terkena gangguan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Power Amplifier Bunyi Jedug Saat Dinyalakan | Merakit Sound System | Audio Rakitan

Cara Mengatasi Suara Vokal Serak Atau Pecah | Merakit Sound System | Audio Rakitan